PENGERTIAN DAN CONTOH ADAPTASI MORFOLOGI

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk ke- langsungan hidupnya. Adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar. 
Contoh adaptasi morfologi dari hewan :
1. Itik  :
Kaki itik memiliki selaput di antara jari-jarinya.Selaput ini berfungsi untuk berenang di kolam. Ini merupakan contoh dari adaptasi morfologi.


2. Burung Kolibri :
Burung kolibri memiliki paruh panjang dan runcing. Paruh ini digunakan untuk menghisap madu. Serangga juga beradaptasi dengan lingkungan melalui bentuk organ tubuhnya.

3. Jangkrik dan belalang :
Organ tubuh jangkrik dan belalang yang digunakan untuk beradaptasi adalah mulut. Mulut kedua hewan tersebut mempunyai rahang bawah dan atas yang kuat. Selain hewan, tumbuhan juga beradaptasi dengan lingkungannya melalui bentuk tubuhnya. 
Tumbuhan:
Teratai, Tumbuhan ini memiliki daun yang lebar dan tipis, sehingga mempercepat penguapan. Batangnya memiliki rongga berisi udara, sehingga dapat terapung di atas air dan akarnya relatif panjang. Teratai beradaptasi dengan lingkungan air.



27/7/2023 12:57:58 am

https://sinop.escortdocs.com/ teşekkürler

Reply



Leave a Reply.